Home / Berita Utama / Geliat Kota / Kota Jambi Sabet Piala Adipura Kelima
Walikota Jambi H. Syarif Fasha menerima Piala Adipura kategori kota besar dari Menteri KLH Siti Nurbaya Bakar. Syarif Fasha bersama Kabag Humas Abu Bakar (insert). haluanjambi/ist

Kota Jambi Sabet Piala Adipura Kelima

HALUAN JAMBI – KOTA JAMBI : Pemerintah Kota Jambi bersama sekitar 700 ribu jiwa masyarakatnya bersuka-cita. Pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk kelima kalinya menghadiahi Piala Adipura lambang supremasi kebersihan lingkungan Rabu malam lalu di Jakarta.

Menarik, empat dari lima Piala Adipura diraih selama hampir empat tahun kepempimpinan Walikota Syarif Fasha. Dua Piala Adipura terakhir hadiah kebersihan lingkungan untuk kategori kota besar. Tidak hanya itu, melalui malam penganugerahan penghargaan lingkungan yang digelar di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta tersebut, Menteri KLH Siti Nurbaya Bakar juga memberikan hadiah berupa Plakat Taman Kota Terbaik kepada Walikota Jambi Syarif Fasha.

Siti Nurbaya juga mengatakan, penghargaan Adipura harus menjadi motivasi dalam meningkatkan mutu pelestarian lingkungan hidup diseluruh wilayah Indonesia. Kepada kota dan kabupaten peraih Adipura 2017 itu, juga diharapkan dapat menambah banyak lagi inovasi yang membuat Indonesia semakin sehat dan bersih.

Sementara itu ditempat yang sama, Wali Kota Jambi Syarif Fasha kepada wartawan, menyatakan penghargaan tersebut adalah milik seluruh warga Kota Jambi. Ia mengungkapkan dirinya hanyalah sebagai fasilitator, yang berperan aktif adalah masyarakat di Kota Jambi berikut perangkat pemerintah terkait .

“Anugerah ini milik semua warga Kota Jambi, jajaran pemerintah hanyalah sebagai fasilitator. Peran aktiv masyarakat memiliki dampak besar pada pembangunan terlebih di bidang kebersihan dan lingkungan,” ujarnya.

Fasha juga mengatakan dengan kembali diraihnya penghargaan Adipura itu menunjukkan tingkat kesadaran dan kualitas disiplin masyarakat Kota Jambi menjaga lingkungan yang bersih dan sehat semakin tinggi.

Fasha menambahkan, Adipura dan Plakat Taman Kota Terbaik kategori kota besar untuk Kota Jambi itu sesungguhnya tidak mungkin bisa dipertahankan atau diraih jika tanpa kerjasama serta dukungan segenap lapisan masyarakat dan stake holder, organisasi perangkat daerah (OPD) dan aparatur sipil negara (ASN), termasuk pula peran aktif pasukan orange (petugas kebersihan-red) yang telah bekerja siang malam guna menciptakan Kota Jambi yang bersih.

“Kita juga patut bersyukur karena taman-taman kota yang kita bangun dan perindah itu kini membuahkan hasil. Selain telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, keberadaan taman-taman kota itu pun turut mendapat apresiasi pemerintah pusat, terbukti dengan terpilihnya Kota Jambi sebagai penerima penghargaan Plakat Taman Kota Terbaik,” imbuh Fasha.

Fasha membeberkan, selama dia mempimpin telah melakukan berbagai langkah inovatif dan kreatif untuk menstimulus terwujudnya kesadaran dan kesidiplinan warga untuk membangun lingkungan hidup bersih dan sehat.

Lompatan besar yang dikemas melalui program pembangunan Kota Jambi Bangkit Berdaya itu antara lain telah terbentuknya pusat-pusat pemukiman bertajuk Kampung Bantar (Bersih Aman dan Pintar), Kampung Iklim, Kampung Flory, Kampung Toga, Kampung Hidroponik. Selain itu mendapat dukungan besar masyarakatnya, Fasha juga berhasil membangun belasan taman-taman kota yang saat ini mampu memperindah wajah Kota Jambi dan menjadi ajang rekreasi warga.

“Yang sangat menarik perhatian tim penilai adalah inovasi kami dalam mendorong keterlibatan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mengakselerasi swadaya masyarakat dalam pembangunan utilitas perkotaan melalui program Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya,” terang Fasha.

Selain inovasi itu, kreatifitas Wali Kota Fasha dalam membangun dukungan pemerintah pusat dan dunia internasional dalam pembangunan berkelanjutan yang berbasis lingkungan, juga patut diacungi jempol. Atas kreatifitasnya itu Kota Jambi mendapat berbagai bantuan dana hibah seperti pembangunan Sanitary Landfiil di Talang Gulo (KFW Jerman), Waste To Energy (UNESCAP) dan Swerage System (ADB), serta yang paling anyar bantuan UN Habitat untuk penataan kawasan kumuh di Kota Jambi.

Setiba di Kota Jambi Kamis (3/8) , Piala Adipura dan Plakat Taman Kota Terbaik yang diboyong Asisten Ekbang Sekda Kota Jambi H. Rd. Erwansyah, selaku Ketua Tim Pemenangan Adipura Kota Jambi didampingi Kadis Lingkungan Hidup Daerah Kota Jambi Ardi dan Kabg Humas Abu Bakar disambut meriah oleh ribuan warga dan pasukan oranye yang telah menanti semenjak pagi.

Kedua atribut penghargaan tersbeut selanjutnya, diarak menuju Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi. Untuk selanjutnya sebagai wujud apresiasi dan terimakasih atas peran serta masyarakat, lambang penghargaan itu diarak keliling Kota Jambi dan secara bergantian akan diinapkan di berbagai instansi terkait seperti Kodim 0415/Batanghari, Polresta Jambi, Detasemen Polisi Militer II/2 Jambi, serta 11 kantor kecamatan dalam Kota Jambi.(JUF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *