Home / Berita Utama / Zola Akan Presentasikan Listrik Mikro Hidro di Dua Negara
Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli dan Dirut Bank 9 Jambi A. Yani terlihat serius membicarakan rencana keberangkatan mereka ke Thailand dan As, untuk mempresentasikan program pembangunan berkelanjutan, khususnya terkait pembangkit listrik tenaga mikro hidro di wilayah Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Zola Akan Presentasikan Listrik Mikro Hidro di Dua Negara

HALUAN JAMBI – JAMBI : Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli ditemani Direktur Utama Bank 9 Jambi, A. Yani atas undangan UNDP (United Nations Development Program) akan mempresentasikan soal pembangunan kelistrikan mikro hydro di dua negara, yani di Kota Bangkok, Thailand dan New York Amerika Serikat.

Melalui undangan yang disampaikan Head of Partnership UNDP Indonesia Ade, dan Technical Advisor Ikhsan Mojo, di Cibubur, Senin pekan lalu (14/8), UNDP menilai Provinsi Jambi adalah daerah pertama di Indonesia yang menerapkan SDG’s (Sustainable Development Goals) atau skema pembangunan berkelanjutan.

“Kami bekerja secara multi stakeholder partnership, ada BPD Jambi yang mendukung secara penuh, kemudian ada Bappeda, ada sektor swasta nantinya, dan Kementerian ESDM. Tetapi itu tidak akan terjadi, kalau tidak ada dukungan dan political will dari Bapak Gubernur,” ungkap Ade.

Technical Advisor UNDP, Ikhsan Mojo menambahkan, Provinsi Jambi diharapkan bisa menjadi model pola kerjasama implementasi SDG’s bagi provinsi lain di tanah air. “Ini yang kita bawa keluar, supaya orang di luar, pertama di Bangkok, di Asia Pasifik, yang kedua di New York, Amerika Serikat, supaya bisa melihat bagaimana Indonesia melakukan komitmen dan menerapkan kesepakatan bersama sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan,” ungkap Ikhsan Mojo.

Dia menjelaskan, apa yang dilakukan Jambi selaras dengan kesepakatan global pada tahun 2015. Dimana Indonesia termasuk dalam 160 negara yang pertama setuju,  dan secara resmi didukung Presiden Joko Widodo dengan dikeluarkannya Perpres Nomor 49 Tahun 2017 Juli lalu.

Dijadwalkan, Regional Partnership for SDG’s (Kerjasama Regional untuk Penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) akan dilaksanakan di Bangkok (Thailand) pada 24 – 25 Agustus 2017, sedangkan acara di New York (Amerika Serikat) direncanakan diselenggarakan pada akhir September 2017, bertepatan dengan Sidang Umum PBB.

Menanggapi hal tersebut, Zola mengatakan kegiatan global tersebut akan dimanfaatkannya  menyampaikan potensi sumber daya alam di Jambi yang bisa dikerjasamakan dengan investor-investor internasional.

“Saya melihat, ini peluangnya sangat bagus sekali. Sedang kita siapkan bahannya. Insya Allah, di acara itu nanti, bukan hanya berbicara tentang investasi, tetapi juga saya akan menyampaikan dan berharap juga bisa menjadi misi kebudayaan. Kita berangkatkan songket, batik, dan kopi yang menjadi khas Jambi. Kemarin saya dari Bungo, ada permintaan untuk kopi sampai 50 ton per bulan, sedangkan kesiapannya belum, kita akan lihat ini, kalau memang potensi pasarnya ada, ini kita upayakan. Ini menjadi gambaran, apa yang mau kita fokuskan,” jelas Zola.

Terkait pembangunan pembangkit listrik mikro hydro, menurut Zola akan dibangun di daerah Jangkat, Kabupateb Merangin.

“Mikro hidro memang akan dibangun, insya Allah di Jangkat, Merangin, dan juga menjadi pionir mikro hidro 1 MW di Indonesia. Kalau ini sukses, insya Allah nanti akan ada rentetannya. Jadi, kita harus betul-betul persiapkan diri secara maksimal, tunjukkan bahwa program ini berhasil, setelah itu, kita akan approach lagi, kita akan minta lagi untuk yang lain mungkin yang lebih besar,” papar Zola (STP)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *