Home / Berita Utama / Gubernur Jambi Pembicara Pada Rakernas X Arsada

Gubernur Jambi Pembicara Pada Rakernas X Arsada

HALUAN JAMBI — JAKARTA : Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menyebutkan,  salah satu indikator kesejahteraan masyarakat adalah terwujudnya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Itulah tolok umurnya.  Kesehatan merupakan investasi dalam pembangunan,” tutur Zola saat menjadi salah seorang narasumber Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Arsada), di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu (24/8).

Rakernas X Arsada ini terkait dengan Dampak Kebijakan Nasional terhadap Peningkatan Mutu dan Pemerataan Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Daerah sesuai Undang undang Nomor 23 tahun 2014.

Di hadapan peserta rakernas  yang diikuti seluruh direktur rumah sakit daerah se Indonesia tersebut, Gubernur Zola memaparkan kebijakan dan kegiatan yang telah dilaksanakan Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Marilah kita jadikan Rakernas X Arsada ini sebagai tempat untuk saling berbagi informasi dan ilmu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah,” kata Zola.

 Gubernur Zola menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi memiliki visi misi pembangunan yang bersinergi dengan Nawacita Presiden Jokowi, yaitu menetapkan pembangunan di bidang kesehatan menjadi salah satu prioritas bagi Provinsi Jambi.

“Kami, Pemerintah Provinsi Jambi, dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima tentu tidaklah mudah, serta dihadapkan dengan berbagai tantangan, seperti, makin tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan yang prima, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya jumlah tenaga medis, kompetensi tenaga medis di pedesaan yang masih rendah,” ungkap Zola.

Gubernur Zola menyatakan, Provinsi Jambi memiliki 13 Rumah Sakit Umum Daerah dan satu Rumah Sakit Jiwa Daerah  Dengan jumlah yang ada, sudah sembilan rumah sakit yang telah terakreditasi dan sisanya masih dalam proses.

“Alhamdulillah, untuk saat ini, RSUD Raden Mattaher telah memiliki fasilitas cathlab, dengan tenaga dua orang dokter spesialis jantung dan tiga orang tenaga paramedis yang telah terlatih,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Zola menjelaskan, selain memberikan pelayanan gratis kepada pasien. Provinsi Jambi juga memiliki program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta memberikan bantuan biaya kesehatan untuk masyarakat yang kurang mampu yang akan dirujuk ke Jakarta, berupa tiket pulang pergi, akomodasi, dan penginapan di Mess Pemerintah Provinsi Jambi yang diberikan secara cuma cuma.

“Saat ini, Provinsi Jambi telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit sebagai rumah sakit rujukan, yaitu, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Rumah Sakit Kanker Dharmais, Rumah Sakit Jamil Padang dan Rumah Sakit M Husein Palembang,” kata Zola.

Gubernur Zola mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan peningkatan kualifikasi tenaga medis untuk menjawab permasalahan terkait kurangnya tenaga medis, dengan memberikan beasiswa khusus kepada tenaga medis dengan jumlah 27 orang, terdiri dari 20 orang untuk dokter spesialis dan tujuh orang untuk dokter sub spesialis.

“Kedepannya, kita akan mengembangkan pelayanan unggulan yaitu, rinology yang akan dilaksanakan pada bulan September tahun ini, fasilitas stroke center, program telemedicine di daerah terpencil, perjanjian kerjasama terkait transfusi darah antara rumah sakit dengan puskesmas di 11 Kabupaten/Kota di Jambi. Termasuk juga melakukan pembentukan Tim Nusantara Sehat Pusat didampingi tim provinsi melaksanakan pelayanan ke daerah terpencil dan kepada Suku Anak Dalam (SAD),” sebut Zola. (STP) 

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *