Home / Berita Utama / Zola Ajak Warga Bijak Sikapi Tragedi Rohingya

Zola Ajak Warga Bijak Sikapi Tragedi Rohingya

HALUAN JAMBI : Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli mengajak masyarakat Jambi untuk mendoakan dan membantu umat Muslim Rohingya, Myanmar yang sedang menghadapi tragedi kemanusian.

Zumi Zola menyampaikan ajakan tersebut pada acara Do’a dan Dzikir Bersama untuk Masyarakat Rohingya di Masjid Agung Al-Falah Jambi, Jum’at (8/9/) sore.

Zola mengemukakan atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi mengutuk tragedi yang menimpa umat Muslim di Rohingya, Myanmar.

“Acara ini merupakan silaturrahmi dan menggalang kebersamaan, persatuan, dan kesatuaan bangsa. Sudah sepantasnya kita sesama umat Muslim mendoakan saudara kita yang berada di Rohingya, Myanmar,” ujar Zola.

Zola mengingatkan,  meskipun mengutuk aksi kekerasan yang menimpa etnis Rohingya, warga di Jambi diminta menyikapi berita yang melukai hati siapapun itu dengan bijak,  dan tetap mengedepankan kesatuan dan keamanan di Provinsi Jambi.

Dijelaskan Zola , tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar merupakan konflik antara Pemerintah Myanmar dengan etnis Rohingya dan Pemerintah Indonesia telah bersikap aktif, serta meminta kepada Pemerintah Myanmar untuk segera meredakan konflik yang terjadi, dengan berpegang pada nilai-nilai kemanusiaan.

“Tragedi yang terjadi terhadap etnis Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan, jangan sampai kejadian tersebut dibawa-bawa kedalam isu-isu yang lainnya, sehingga mengakibatkan perpecahan di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi,” tegas Zola.

Merespon reaksi masyarakat di Jambi terbilang kondusif karena melibatkan berbagai elemen masyarakat dan umat antaragama, termasuk Bunga.

Melibatkan para tokoh lintas agama,  aksi peduli Rohingya melalui penghadangan dana yang dilakukan sepekan ini terkumpul dana sekitar Rp.  100 juta untuk didonasikan kepada korban konflik di Rohingya.

Dalam tausiah yang disampaikan oleh Al-Ustaz Hasbullah Ahmad dinyatakan, Islam merupakan agama yang besar, duka masyarakat Rohingya adalah duka umat Islam.

Turut serta pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Kapolda  Brigjen Pol. Priyo Widyanto, Danrem 042 Garuda Putih Kolonel Inf. Refrizal, Unsur Forkompimda Provinsi Jambi, serta para tokoh dan warga masyarakat dan pelajar di Kota Jambi. (STP)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *