Home / Berita Utama / Romi Launcing LP3IQ Nipah Panjang
Bupati tanjabtimur H.Romi Haryanto saat meberikan sambutan.

Romi Launcing LP3IQ Nipah Panjang

HALUAN JAMBI — NIPAH PANJANG : Niatan untuk menghadirkan lembaga pusat pendidikan ilmu Alquran di kawasan pantai timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, terwujud dan Rabu (13/9) diluncurkan resmi Bupati Romi Hariyanto.

Lembaga pendidikan yang sejalan dengan program Indonesia Taqwa itu, dinamai Lembaga Pusat Pengembangan dan Pelatihan Ilmu Alquran (LP3IQ), diprakarsai pemerintah Kecamatan Nipah Panjang dan didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional.

Menurut Kepala Kecamatan Nipah Panjang Kamaruddin, kehadiran LP3IQ diharapkan menjadi prasarana yang efektif untuk mencetak generasi muda yang religius dengan menguasai, memahami serta mengamalkan berbagai ilmu yang terkandung dalam Alquran kepada masyarakat luas.

“Ada cabang ilmu tilawatil Quran dan tajwit, sarhil Alquran, hotil Quran, ini cabang-cabang lain yang nantinya dibina pada LP3IQ,” ungkap Kamaruddin.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanjab Timur KH Arsuadman Arsad, mengatakan, Kecamatan Nipah Panjang merupakan kecamatan pelopor dalam menghadirkan LP3IQ. LP3IQ merupakan realisasi pertama dari program Indonesia Taqwa, yang notabene sejalan dengan program Kabupaten Tanjung Jabung Timur Religius.

Dia menambahkan, selain mendukung LP3IQ, Baznas bersama Pemerintah Kabupaten Tanjabtim juga telah merealisasikan program Tanjab Timur Religius yakni dengan satu kecamatan menargetkan mencetak satu orang hafizul qur’an. Tahun 2018 nanti, akan ditingkatkan lagi capain hafizul Quran-nya.

“Kami berharap, LP3IQ tidak hanya di kecamatan Nipah Panjang, tapi kecamatan-kecamatan lain hendaknya bergiat melakukan pendidikan Alquran. Di tengah era golabalisasi ini kehadiran LP3IQ sangat perlu di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Selian meluncurkan LP3IQ, pada kesempatan sama Baznas mendistribusikan bantuan modal usaha, masing-masing Rp 5 juta untuk kelompok usaha Kelurah Nipah Panjang I, Nipah Panjang II, serta perbaikan rumah di Nipah Panjang I sebesar Rp 7 juta, dan Sungai Akar sebesar Rp 5 juta.

“Ini berbeda nominalnya karena kondisi berdasarkan survei yang dilakukan berbeda. Bantuan ini kami titipkan kepada UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Nipah Panjang, dan akan diserahkan melalui rekening kelompok usaha penerima saat usahanya mau dilaksanakan,” katanya.

Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto, menilai upaya yang dilakukan Baznas mendukung buat perkembangan pembangunan di Kabupaten Tanjab Timur.

“Terima kasih Baznas, hari sudah sekian kalinya saya dibuat bangga atas apa yang dilakukan Baznas. Telah banyak kontribusi yang diberikan Baznas bagi pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, termasuk yang kita saksikan bersama di Nipah Panjang,” ungkap Romi.

Terkait kegiatan LP3IQ, Romi berharap di setiap kecamatan di Tanjabtim juga ada. Saya minta kegiatan hari ini harus lebih besar lagi ke depannya. Saya harap bukan hanya di Nipah Panjang, tapi seluruh kecamatan di Tanjab Timur ada lembaga ini,” tegasnya.(erk/pyk)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *