Home / Berita Utama / Politik / Pjs Kepala Daerah Jangan Berpolitik!
Wagub H Fachrori Umar mengukuhkan tiga Pjs Kepala Daerah/ foto humas.

Pjs Kepala Daerah Jangan Berpolitik!

HALUAN JAMBI : Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar menegaskan Pjs Bupati maupun Walikota dilarang campur tangan dalam politik Pilkada dan diminta mengantisipasi hal-hal yang berbau SARA.

“Penjabat yang telah diamanatkan jangan campur tangan dalam politik Pilkada yang sedang berlangsung. Saudara-saudara yang diberi kepercayaan hendaknya mendorong pelaksanaannya berjalan demokratis dan menjauhkan munculnya ujar kebencian dan SARA!”

Demikian Wagub Fachrori menegaskan saat melakukan pengambilan sumpah dan pengukuhan Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Jambi, Bupati Kerinci, dan Bupati Merangin di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (14/2/18).

Mereka yang dikukuhkan yakni, M. Fauzi (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi) sebagai Pjs Walikota Jambi, Agus Sunaryo (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi) Pjs Bupati Kerinci dan Husairi (Kepala BKD Provinsi Jambi) mengemban amanah sebagai Pjs Bupati Merangin.

“Tujuan pengukuhan yang dilaksanakan agar tidak terjadi kekosongan dan stagnasi roda pemerintahan dan pembangunan di Kota Jambi, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin. Sehingga berbagai permasalahan yang muncul dapat segera teratasi dan dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan bersama,” terang Wagub.

Berdasarkan aturan berlaku, jelas Wagub, para Pjs yang dikukuhkan ditugasi memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pilkada, menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu Pjs bersangkutan diberi kewenangan melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah dan dapat menandatangani Peraturan Daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri. Termasuk juga berwenang melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

Wagub mengingatkan, diawal menduduki jabatan para Pjs bakal menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan administratif penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Solusinya para Pjs mampu menghadapinya secara arif dan bijak, serta berkoordinasi dengan pemerintahan vertikal maupun horizontal. (HJ-01)

Check Also

Zola Berharap Pilkada Di Jambi Jujur Dan Kondusif

HALUAN JAMBI : Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli berharap pelaksanaan Pilkada di tiga wilayah tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *