Home / Berita Utama / BAO Pemanfaatan Lahan Bandara Sultan Thaha Diteken
Sekda didampingi Kadishub Jambi dan Karo Humas dan Protokol Johansyah serta manajemen PT Angkasa Pura II meninjau aset daerah yang akan digunakan untuk Bandara Sultan Thaha Jambi. /humas

BAO Pemanfaatan Lahan Bandara Sultan Thaha Diteken

HALUAN JAMBI : Terkait kerja sama saling menguntungkan yang disepakati sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jambi dan PT Angkasa Pura II akhirnya  menandatangai Berita Acara Operasional (BAO) Pemanfaatan Lahan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi untuk pengembangan bandara dan lahan parkir.

Penandatangani BAO Senin kemarin dilakukan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M.Dianto bersama Executive General Manager Angkasa Pura II, Yogi Praseyo Suwandi di kantor cabang Angkasa Pura II  Bandara Sultan Thaha, Jln. Sukarno Hatta Jambi.

Dengan penandatanganan BAO tersebut, kedua belah pihak menyepakati perjanjian kerjasama tentang pemanfaatan tanah untuk pengembangan Bandara Sultan Thaha Jambi yang telah diinisiasi tanggal 26 Februari 2015, dan telah diubah terakhir dengan perjanjian tambahan tanggal 10 Juli 2015.

Dalam berita acara operasional ini disebutkan bahwa kedua belah pihak menyepakati pengoperasian terminal bandara Sultan Thaha adalah tanggal 27 Desember 2015 dan pengoperasian untuk parkir bandara pada tanggal 24 Agustus 2017.

Sekda menjelaskan, pemanfaatalan lahan untuk pengembangan bandara dan lahan parkir menguntungkan kedua pihak, khususnya buat tambahan pendapatan asli daerah Jambi (PAD).

Management Angkasa Pura II memaparkan dari Master Plan (Rencana Induk) Pengembangan Bandara Sultan Thaha Jambi akan menambah beberapa pembangunan, antara lain perpanjangan runaway eksisting, dari 2.220 x 45 m, perpanjangan 380 x 45 m, total menjadi 2600 x 45 m dan ditargetkan selesai  pada tahun 2019. Perluasan masih di dalam batas tanah bandara, belum ada pembebasan lahan. Pihak Angkasa Pura II menambahkan bahwa pengembangan bandara juga meliputi pembangunan gedung terminal.

Berdasarkan laporan pada tahun 2016 lalu kegiatan penerbangan di Bandara Sultan Thaha berjumlah 1,5 juta orang per tahun. Sebab itu, sebab Sekda, perluasan akses jalan menuju bandara terutama ruas jalan dari tugu PKK sampai bandara hendaknya segera dibangun.

Sekda menegaskan keinginan Pemerintah Provinsi Jambi membangun konsep pembangunan zoo airport (bandara yang berdekatan dengan kebun binatang). “Pemerintah mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil, ketika saya menjadi Staf Ahli Gubernur Jambi juga merancang bagaimana bandara ini menjadi satu-satunya zoo airport, sehingga pengunjung atau penumpang yang punya waktu transit yang lama dapat melihat kebun binatang,” tambah Sekda.

Sementara itu, Executive General Manager Angkasa Pura II, Yogi Praseyo Suwandi,SE menyatakan, pelaksanaan perjanjian akan dimulai dan untuk kompensasinya akan kembali dibentuk tim antara kedua belah pihak. (HJ-01)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *