Home / Berita Utama / Data Bicara, Zola-Fachrori Bawa Kemajuan
Ekonom Jambi Prof. Syamsurizal Tan bersama Ketua Otoritas Jasa Keuangan Jambi Endang/humas

Data Bicara, Zola-Fachrori Bawa Kemajuan

HALUAN JAMBI : Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menyatakan untuk akselerasi kemajuan pembangunan secara adil dan merata, membutuhkan sinergisitas dan kerja kreatif dari 11 pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Jambi.
Tanpa menafikan hasil pembangunan yang telah dicapai, pada acara Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Zola – Fachrori di kediaman dinasnya baru-baru ini, Zumi Zola mengakui kinerjanya bersama aktor-aktor pembangunan selama kepemimpinannya, belum maksimal dan belum merata kontribusinya untuk menyejahterakan masyarakat di berbagai pelosok Jambi.
Kendati merasa belum puas, Zola memaparkan, perjalanan pembangunan Provinsi Jambi sepanjang tahun 2016 dan tahun 2017 mengarah membaik. Meskipun berjalan di bawah tekanan perlambatan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi tahun 2017 mencapai 4,64%, meningkat dari tahun 2016 yang Cuma 4,37%.
“Alhamdulillah, dua tahun pemerintahan saya bersama Bapak Fachrori Umar, secara umum berdasarkan data-data yang ada mengalami kemajuan. Baik itu pertumbuhan ekonomi, pengentasan angka kemiskinan dan pengangguran. Rasio kesenjangan mendekati angka nol, IPM meningkat, angka gizi buruk juga membaik, angka kematian ibu dan anak menurun,” terang Zola.
Berdasarkan rilis dari Biro Pusat Statistik, tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jambi pada Agustus 2017 mencapai angka 3,85%, lebih baik dibanding kondisi Agustus tahun 2016 yaitu 4,34%. Tingkat angka kemiskinan pun mulai membaik. Terlihat dari persentase penduduk miskin pada Maret 2016 sebesar 8,41% turun menjadi menjadi 8,19% pada Maret 2017. Masih lebih baik dari angka kemiskinan nasional yang tercatat 10,64%.
“Pemerintah Provinsi Jambi juga terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan buruh-buruh di Provinsi Jambi melalui dewan pengupahan Provinsi Jambi dengan menaikkan upah minimum Provinsi tahun 2018 menjadi 2,243 juta rupiah atau naik 8,7% dari tahun 2017 yaitu sebesar 2,063 juta rupiah,” sambung Zola.
Gubernur Zola mengemukakan, Tahun 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan Perda Nomor 7 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi tahun 2016-2021 dengan visi mewujudkan Provinsi Jambi yang Tertib Unggul Nyaman Tangguh Adil dan Sejahtera atau Jambi TUNTAS 2021 yang diturunkan dalam pada enam misi pembangunan.
Selain terus menumbuhkembangkan sektor ekonomi kerakyatan, pembangunan infrastruktur sebagai akses pendukung utama kesejahteraan masyarakat masih akan terus digenjot secara merata. (HJ-01)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *