Home / Berita Utama / Ekonomi / Komoditi Unggulan Jambi Perlu Dibenahi
Wagub Jambi H. Fachrori Umar terlihat serius mengikuti Rakrenas APPSI/humas

Komoditi Unggulan Jambi Perlu Dibenahi

HALUAN JAMBI :  Komoditi  unggulan dari Provinsi Jambi harus dibenahi dan dipersiapkan maksimal untuk perdagangan antardaerah. Demikian Wagub Jambi Fachrori Umar mengataka usai mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/2).

Raker APPSI diikuti oleh seluruh gubernur atau wakil gubernur seluruh provinsi se Indonesia. Rakernas tersebut dibuka pagi dibuka Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo dan sorenya ditutup oleh Presiden Republik Indonesia, .Joko Widodo.

Tema Rakernas APPSI adalah “Kerjasama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi Nasional.” Dalam Rakernas APPSI ini dilakukan Penandatangan MoU Kerjasama Perdagangan Antar Daerah, yang ditandatangani oleh gubernur atau wakil gubernur se Indonesia, termasuk oleh Wakil Gubernur Jambi.

Wagub mengatakan bahwa seluruh daerah pasti punya komoditi unggulan untuk diperdagangkan, termasuk Provinsi Jambi. Beberap komoditi unggulan Jambi antara lain karet, sawit, pinang, kopi, kayu manis. Supaya punya nilai tambah, semua komoditi itu harus diolah dan dikelola kualitasnya sehingga kompetitif untuk diperdagangkan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi telah memiliki mapping antara ketersediaan dan kebutuhan, terutama ada beberapa komoditas unggulan, termasuk produk yang tersedia.

“Ada juga yang tersedia, ada juga yang kita butuhkan. Kebanyakan bahan olahan dan pangan, cabai, bawang putih dan sebagainya, yang kita impor dari daerah lain. Jadi kita mapping untuk kerjasama, mudah-mudahan nanti ketersediaan bisa kita distribusikan bagi daerah-daerah sekitar,” ungkap Ariansyah.

Dalam Pembukaan APPSI, Rabu (21/2), Menteri Dalam Negeri Ri, Tjahjo Kumolo pada intinya menegaskan bahwa Pemerintah Pusat siap mendukung perdagangan antardaaerah yang digagas APPSI. Dalam sesi panel, Plt. Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Ari Prabowo menyampaikan, perdagangan antardaerah akan memperkuat NKRI.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Ekonomi dan Investasi Transportasi, Wihana Kirana Jaya menyampaikan materi dengan judul “Menemukan Format Perdagangan Antar Daerah untuk Memperkuat Ekonomi Nasional.” Wihana mengatakan, Kementerian Perhubungan mendukung perdagangan antardaerah melalui peningkatan konektivitas, terutama melalui perhubungan laut dan udara yang terus dibenahi.  (HJ-01)

Check Also

Di Pasar Tradisional, Pembeli Harus Berani Menawar

HALUAN JAMBI : “Saya mengimbau masyarakat lebih cerdas membeli kebutuhan pokok menghadapi Hari Raya Idul …

Kawal Harga Pangan Jelang Lebaran!

HALUAN JAMBI : Kendati saat ini relatif cukup dan stabil,  ketersediaan dan perkembangan harga kebutuhan pokok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *