Home / Pembangunan / Menggapai Jambi TUNTAS 2021, Zola Tidak Bisa Sendiri
Gubernur Jambi Zumi Zola pada acara refleksi dua tahun kepemimpinannya, mengaku untuk menggapai sukses Program Jambi TUNTAS 2021 dia tidak bisa sendiri, tetapi butuh dukungan segenap elemen masyarakat optimalnya kinerja OPD./humas

Menggapai Jambi TUNTAS 2021, Zola Tidak Bisa Sendiri

HALUAN JAMBI : Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Jambi Prof. Syamsurizal Tan dalam analisanya menyatakan, untuk menggapai sukses Program Jambi TUNTAS 2021, pemerintah provinsi tidak bisa berjalan sendiri. Tetapi harus mendapat dukungan dan terintegrasi dengan kreativitas pembangunan dari  pemerintah 11 kabupaten dan kota yang ada di Jambi.

“Pertumbuhan ekonomi kita sedikit meningkat, itu merupakan hal positif karena dilakukan saat kondisi perekonomian global sedang sulit. Perekonomian kita tumbuh dengan baik dari tahun 2016 sebesar 4,37% menjadi 4,64% pada tahun 2017. Saya meyakini Provinsi Jambi akan mencapai target perekonomian Pemerintah Pusat sebesar 5,40% di tahun 2021, jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi saat ini,” ujar Syamsurizal.

Syamsurizal juga berpendapat bahwa  kontribusi pertanian paling besar memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Ini bisa dilihat dari sektor lainnya, seperti pertambangan yang harganya tidak stabil dan relatif turun, begitu pula dengan karet dan kelapa sawit. Pemerintah Provinsi Jambi tidak bisa mengendalikan itu semua karena itu merupakan eksternal international market, Pemerintah Provinsi Jambi hanya berupaya dalam memperhatikan petani dan memberikan bantuan kredit kepada UMKM.

Lebih lanjut, Syamsurizal menjelaskan, yang perlu diperhatikan adalah pembangunan secara terintegrasi, misalnya dalam hal mempromosikan Kerinci sebagai branding pariwisata Provinsi Jambi, jika semua kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi ikut membantu mempromosikan Kerinci, maka akan mempercepat Kerinci maju yang juga berimbas pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Jambi.

“Ini merupakan suatu tantangan kita bersama. Dalam melaksanakan pembangunan yang harus dilihat adalah integrasinya. Jangan hanya berlomba lomba dalam menunjukkan kehebatan dari kabupaten dan kota masing-masing. Kita harus bekerja bersama-sama dalam membangun Provinsi Jambi secara terintegrasi,”jelas Syamsurizal. (HJ-01)

Check Also

Eksekutif dan Legislatif Sepakati Perubahan RPJMD Jambi

HALUAN JAMBI : Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2016 sampai tahun …

Zola Genjot Perbaikan Jalan Tempino-Bulian

HALUAN JAMBI : Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli Rabu sore meninjau sejumlah lokasi kerusakan ruas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *