Home / Berita Utama / Ekonomi / Petani Nanas Keluhkan Pupuk Mahal
Gubernur Zumi Zola mengecek kualitas produksi nanas petani Tangkit, Jambi/humas

Petani Nanas Keluhkan Pupuk Mahal

HALUAN JAMBI : Mahalnya harga pupuk dan racun hama masih menjadi momok bagi petani nanas yang terkoesentrasi di kawasan Tangkit, Kecamatan Sungaigelam, Provinsi Jambi. Mengatasi itu, petani setempat meminta pemerintah membantu secara maksimal.
“Pupuk dan mahalnya harga racun hama menjadi faktor penyebab rendahnya produksi nanas di sini. Petani sebagian masih mengandalkan kebaikan alam untuk kesesuburan lahan,” ungkap Jaka, 30 tahun, petani di Desa Tangkit Baru.
Merespon keluhan petani nanas di Tangkit, Gubernur Jambi Zumi Zola menyatakan kebutuhan yang dikeluhkan petani sudah dianggarkan dalam APBD 2018. Kendati masih terbatas, anggaran bantuan untuk pemenuhan pupuk dan racun hama tersebut akan digelontorkan melalui kelompok-kelompok tani setempat.
“Sebagai daerah penghasil nanas perlu kita dukung bagaimana caranya setiap tahun hasil panennya terus meningkat baik produktivitas maupun kualitasnya. Memang, informasi yang saya dapatkanl langsung dari petani, kendala yang dihadapi yaitu masalah pupuk dan racun hama,” kata Zola.
Untuk mendapatkan nilai tambah yang menguntungkan, Zola berharap petani tidak mengandalkan penjualan buah nanas saja. Buah nanas yang dihasilkan, terutama pada panen besar, hendaknya diolah menjadi bahan baku untuk industri penganan seperti pabrik dodol nanas, selai nanas, dodol nanas goreng, yang sudah cukup berkembang melalui kelompok pengusaha UMKM di Tangkit. (HJ-03)

Check Also

Di Pasar Tradisional, Pembeli Harus Berani Menawar

HALUAN JAMBI : “Saya mengimbau masyarakat lebih cerdas membeli kebutuhan pokok menghadapi Hari Raya Idul …

Kawal Harga Pangan Jelang Lebaran!

HALUAN JAMBI : Kendati saat ini relatif cukup dan stabil,  ketersediaan dan perkembangan harga kebutuhan pokok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *