Home / Berita Utama / Pangdam II Sriwijaya Minta Prajurit TNI Netral Dan Profesional Sikapi Pilkada
Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Putranto bersama Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS/haluanjambi/istimewa

Pangdam II Sriwijaya Minta Prajurit TNI Netral Dan Profesional Sikapi Pilkada

HALUAN JAMBI : Segenap prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Jambi, diperintahkan harus tetap netral dan profesional memosisikan diri dalam menghadapi prosesi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah di tiga wilayah Provinsi Jambi dalam waktu dekat ini.

Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Putranto menegaskan itu saat acara berbuka bersama Pelaksana Tugas Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, Kapolda Jambi dan sejumlah elemen dan pemuka masyarakat masyarakat di Lapangan Markas Komando Resort Militer (Korem) 042 Garuda Putih, Kota Jambi, Jumat (8/6).

“Saya minta Prajurit TNI agar melakukan tugas di lapangan secara profesional dan tidak boleh berpihak kepada salah satu calon atau kandidat, ini akan berakibat fatal kepada kalian. Sekalipun itu saudara yang ikut Pilkada, kalian harus netral!” tegasnya.

Pangdam mengemukakan, untuk menjaga keamanan di daerah-daerah, TNI dan Polri perlu kerjasama dengan masyarakat, pendekatan diri kepada masyarakat sangat diperlukan, terutama untuk mengenal mana masyarakat pendatang baru dan masyarakat setempat.

Sementara itu, Danrem 042/Garuda Putih, Kol.Inf.Dany Budiyanto melaporkan, pesta demokrasi pilkada yang bakal dilaksanakan di Provinsi Jambi, yakni pemilihan bupati Kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci, serta pemilihan Walikota Jambi. Dan segenap prajurit TNI bekerja sama dengan Polri dan jajaran pemeirntah daerah, disebutkannya telah berkomitmen menjaga netralitas serta mengawal pelaksanaan pilkada berjalan damai, lancar dan aman.

Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar pada kesempatan sama menyatakan, pemerintah daerah dan masyarakat Jambi menyambut hangat kehadiran Pangdam II Sriwijaya di Jambi.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan salam hormat dan selamat datang kepada Bapak Mayjend AM.Putranto berserta istri dan rombongan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah,” ujar Fachrori.

Dikatakan Fachrori, tantangan pembangunan ke depan semakin berat dan kompleks. Sebab itu kolaborasi antara TNI, Polri dan pemerintah daerah sangat diperlukan menghadapinya, terutama mencegah masalah intoleransi, radikalisme dan ancaman terorisme, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

“Penyebaran paham terorisme dan perongrong ideologi negara harus dihentikan. Mari kita bersama-sama jaga stabilitas, kondusivitas, perdamaian, kesatuan, dan keamanan di Provinsi Jambi,” ajak Fachrori. (HJ-01)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *