Home / Berita Utama / Di Pasar Tradisional, Pembeli Harus Berani Menawar
Selaku Ketua Tim Satgas Pangan, Sekda Jambi H.M.Dianto mengecek kondisi harga dan ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional Kota Bungo.haluanjambi/humas

Di Pasar Tradisional, Pembeli Harus Berani Menawar

HALUAN JAMBI : “Saya mengimbau masyarakat lebih cerdas membeli kebutuhan pokok menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Ketika menemukan barang yang dibutuhkan jangan langsung membeli, tetapi cari pembanding harga di dua atau tiga tempat lain, untuk menemukan harga dan kualitas lebih baik!”

Sekda Provinsi Jambi H.M. Dianto menyampaikan hal itu saat meninjau ketersediaan dan kondisi harga berbagai kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional dan swalayan di Kota Bungo, Kabupaten Bungo, Jumat (8/6).

Seperti ditemukan di Bungo, sebut Sekda, harga daging ayam yang ditawarkan di beberapa sudut pasar bervariasi, dengan kisaran Rp35 ribu, Rp 30 ribu bahkan Rp 28 ribu perkilogram.

Berdasarkan pengamatannya, Dianto mengatakan harga beberapa komoditi bahan pokok sepanjang Ramadan sejauh ini relatif stabil dan tersedia cukup.

Dianto yang juga menjabat Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi, kunjungannya ke Buno merupakan bagian dari tugasnya untuk memastikan dari dekat perkembangan harga dan ketersediaan sembako di wilayah kabupaten. Didampingi Bupati Bungo dan Wakil Bupati Bungo, Sekda antara lain meninjau Pasar Muaro Bungo dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Potong Hewan (RPH) Muaro Bungo dan berakhir di Swalayan Buana Bungo.

Sekda menegaskan, jika terjadi lonjakan harga atau kenaikan harga yang signifikan, maka Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan Bulog siap melakukan intervensi pasar. Kebijakan dan langkah tersebut dipersiapkan dengan tujuan untuk membantu masyarakat supaya bisa merayakan Idul Fitri dengan kondisi yang relatif kondusif.

“Jika nanti ada kenaikan harga yang sangat signifikan, Pemerintah Provinsi Jambi bisa melakukan intervensi pasar dengan melakukan operasi pasar bersama Bulog Provinsi Jambi dan produsen komoditi lainnya. Ada 5 komiditi yang nantinya bisa dilakukan operasi pasar yaitu, daging beku, minyak sayur, beras, tepung terigu, dan gula pasir,” ungkap Sekda.

“Alhamdulillah, kita sudah ada jaminan dari Kepala Bulog Provinsi Jambi untuk melakukan intervensi pasar jika nanti ada kenaikan harga yang signifikan. Pemerintah Provinsi Jambi meminta Bulog bisa memainkan perannya jika nanti ada kenaikan harga dengan melakukan operasi pasar,” lanjut Sekda. (HJ-05)

Check Also

Masyarakat Jambi Jangan Terhasut Berita Hoax

HALUAN JAMBI : Melalui ibadah Ramadan yang dilalui segenap umat muslim di Jambi menjadi pribadi …

Ribuan Warga Antusias Mudik Bareng Gratis PTPN VI

HALUAN JAMBI : Sekda Jambi, H.M.Dianto menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi layanan mudik gratis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *